LEGALITAS LENGKAP AMAN DAN TERPERCAYA SEJAK 2009 DI LAYANAN ONLINE

25/09/12

Cara membuat film sablon dengan photoshop

Cara membuat film sablon dengan photoshop akan menjadi bahasan kita kali ini, melanjutkan dari serangkaian artikel tentang belajar sablon kaos manual dari nol. Apa yang akan pakdhe tulis disini tentu saja jauh dari ideal, bukan yang terbaik dan mungkin juga kurang jelas, untuk itu sebelumnya Pakdhe minta maaf jika nanti masih banyak kekurangan dalam artikel Pakdhe ini. Yukkk ... kita mulai pembahasan tentang cara membuat film sablon kaos manual dengan photoshop ini
setahap demi setahap.

Pertama-tama anda harus menyiapkan desain dulu, buatlah desain sederhana di coreldraw ukuran A4 atau A3 yang terdiri dari 4 atau 5 warna. Setelah itu exportlah desain anda tersebut menjadi file JPEG sesuai dengan ukuran yang dikehendaki, gunakan resolusi 300 untuk latihan ini. Jika anda menemui kesulitan tentang cara export ini silahkan dibaca-baca lagi artikel tentang cara export ini yang bisa anda temukan dibanyak artikel lain yang mengulas tetang pembelajaran dibidang coreldraw. Setelah file desain anda siap dalam format JPEG sekarang kita buka program photoshop di komputer kita. Pada saat anda membuka pertama kali anda akan masuk ke editor photoshop yang masih kosong selanjutnya silahkan buka file desain anda tadi seperti contoh pada gambar berikut ini,

Silahkan klik pada FILE selanjutnya akan keluar tampilan seperti pada gambar dan pilih OPEN.

Semisal itu adalah hasil desain anda silahkan di klik kemudian klik pada OPEN

Maka file anda akan tampil di editor photoshop seperti pada gambar ini, dan selanjutnya 

Kita akan membikin kaosnya dulu, dalam contoh ini kaos warnanya putih dan desain ada 5 warna nantinya yang akan kita bikin film. Untuk membuat kaos ini silahkan klik TANDA PANAH seperti pada foto dan pilih NEW CHANNEL.

Setelah anda klik maka akan muncul jendela perintah seperti pada gambar, ganti tulisan menjadi kaos pada NAME, pilih warna kaos pada COLOR dan selanjutnya klik OK (warna kaos silahkan dirubah sesuai keinginan).

Selanjutnya rubah channel ini menjadi spot color, klik pada SPOT COLOR, biarkan warna apa adanya dan klik OK.

Setelah anda membuat channel ini maka layar akan tampak hitam semua, jangan bingung, yang perlu anda lakukan hanyalah mematikan CHANNEL KAOS dan hanya mengaktifkan CHANNEL RGB. silahkan perhatikan foto diatas.

Disini kita akan mulai mengambil warna pertama dan membuat film sablon kaos dengan photoshop ini, bagaimana caranya ? ikuti petunjuk berikut ini, klik pada SELECT selanjutnya pilih COLOR RANGE.

Dengan pointer yang muncul silahkan klik pada WARNA HITAM untuk film pertama ini dan selanjutnya atur ketajamannya dengan menggeser adjuster seperti pada gambar ke kanan dan ke kiri, kalau diarasa sudah pas klik OK.

Perhatikan baik-baik gambar diatas, hasil seleksi anda akan muncul dalam bentuk GARIS PUTUS-PUTUS pada semua area warna yang anda pilih, dalam hal ini hitam.

Sekarang kita akan membuat NEW SPOT CHANNEL untuk warna yang telah terseleksi tadi, caranya klik pada TANDA PANAH kemudian pilih NEW SPOT CHANNEL.

Pada NAME ganti dengan warna yang diseleksi, dalam hal ini HITAM, kemudian pada COLOR diganti HITAM dan klik OK.

Untuk melihat hasil sementara dari proses pembuatan film dengan photoshop ini silahkan aktifkan CHANNEL KAOS dan HITAM saja dan matikan CHANNEL RGB nya maka hasilnya seperti pada foto diatas. Bahasan kita kali ini akan sangat panjang karena setelah nanti kita menyelesaikan proses pengambilan 5 warna maka kita masih akan membahas tentang overlap dan cara nge-print. Untuk itu saya cukupkan sekian dulu artikel pertama ini, silahkan belajar dan berlatih dulu mengikuti materi yang saya berikan, nanti akan Pakde lanjutkan dalam 2 atau 3 hari kedepan. Semoga membantu artikel pakde ini dan selamat belajar membuat film sablon kaos dengan photoshop.

Hasil diskusi dengan Central SPS

Terima kasih telah mengunjungi website SablonManual.Com
Judul artikel : Cara membuat film sablon dengan photoshop
Ditulis oleh : Heksa Agus S
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara membuat film sablon dengan photoshop ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Ditulis Oleh : Heksa Agus S // 03.51
Kategori: